Saturday, November 4, 2017

BAYAR PAJAK KENDARAAN PROSESNYA LAMA ? ITU DULU. SEKARANG ???





           Hari Jum’at tanggal 3 November 2017 saya membayar pajak kendaraan. Pikir saya waah pasti ribet dan lama. Saya sudah terbayang-bayang bagaimana proses membayar pajak seperti yang pernah saya lakukan pada tahun yang lalu.
           Sudah lama sebanarnya saya mendengar kalau payar pajak sekarang sudah nggak ribet lagi, perlengkapan yang harus dibawa pun Cuma KTP/KK/SIM sesuai yang tertera dalam STNK, bukti pelunasan pajak tahun lalu, dan STNK. Setelah itu masuk ken pendaftaran. Ternyata tidak berapa lama nama saya langsung dipanggil untuk menerima nomor antrian ke kasir, waah saya dapat nomor antrian 160 padahal saat tiba di SAMSAT jam setengah Sembilan dan saat itu nomor panggilan di kasir sudah 124. Setelah saya tunggu sekitar 15 menit tiba nomor antrian saya dipanggil dan saya bayar pajak yang menjadi tanggungan saya. Alkhamdulilah nggak ada denda,baik denda karena terlambat maupun karena tilang elektronik. Taat aturan hehehehe (maaf jangan dianggap sombong ya).
          Setelah menunggu beberapa saat nama saya dipanggil lagi untuk mengambil STNK, ini pertanda proses pembayaran pajak kendaraan saya sudah beres. Alkhamduliliah….. hanya butuh waktu kuranglebih setengah jam proses membayar pajak sudah selesai, yang saya lakukan pajak tahunan lho Guys, tentunya kalau perpanjangan yang lima tahunan beda lagi, persyaratannya pun juga beda. Yang harus dibawa diantaranya :
§  Bawa STNK dan BPKB asli beserta fotokopiannya.
§  KTP asli dan fotokopi
§  Ambil/beli formulir cek fisik dan lakukan cek fisik kendaraan oleh petugas.
Setalah cek fisik selesai, isi formulir / berkas yang anda minta tadi, setelah selesai, serahkan kepada loket pembelian formulir tadi.
Langkah selanjutnya serahkan slip pembayaran pajak yang sudah tercantun didalamnya jumlah dan total yang harus dibayarkan.
Setetalah pembayaran selesai, anda akan diberi tanda lunas pajak yang biasanya dibalik STNK untuk pengambilan STNK. Biasanya BPKB diberikan menyusul beberapa hari kemudian, kalau ganti BPKB bisa lama.
Buat teman-teman di Wilayah Wonosobo yang mau bayar di Samsat Keliling monggo disimak jangan sampai salah. (Jefri)


No comments:

Post a Comment

Kopi NYONG DEKE diluncurkan

Membicarakan dunia kopi nampaknya takkan pernah habis. Kopi makin menjadi minuman idola masyarakat. Kini minum kopi sudah menjadi buadaya an...

ARSIP BLOGE NYONG