Sunday, December 3, 2017

SIFAT POSITIF BANGSA MAKHLUK HALUS

Sebenarnya banyak hal yang dapat kita petik manfaat dari hal-hal yang ada didunia. Semuanya seperti mata uang atau telapak tangan yang memiliki sisi berbeda. Sebagai contoh dapat kita ambil beberapa hal sebagai guyon (Canda) namun semoga ada manfaatnya.

**TUYUL
Isih cilik wis mandiri, pinter golek dhuwit dhewe
(Masih kecil sudah mandiri, bisa mencari uang sendiri)

**KUNTILANAK
Susah seneng mesti ngguyu, nduduhake marang wong2 .... "urip ojo digawe susah, sing nrimo wae"
(Susah dan senang pasti tertawa, membuktikan pada orang-orang..." hidup jangan dibuat susah, yang menerima saja")

**POCONG
Wiwit biyen klambine tetep iku wae sing dianggo, ora tau ganti, nduduhne: "urip sing sederhana, senajan sugih bondo nanging tetep biasa wae ora perlu sombong.
(Dari dulu bajunya tatap sama itu saja yang dipakai, tidak pernah ganti, memberi tahu: "hidup itu yang sederhana, meskipun kaya raya tetapi tetap biasa, sederhana dan tidak perlu sombong)

 **NYI RORO KIDUL
Senajan manggon ning segara nanging sopan nganggo klambi,   ora tau nganggo bikini, podho  karo wong Jowo senajan manggon ning ngendi  wae tetep bisa  ngajeni awake tegese yaiku.... "sopan marang liyane."
(Meskipun bertempat di laut tetapi tetap sopan dalam memakai pakaian, tidak pernah pakai bikini atau hanya pakai BH saja, sama dengan orang Jawa meskipun tinggal dimana saja tetap bisa menjaga badanya maksudnya yaitu .... "sopan kepada yang lainnya."

 **JAILANGKUNG
"Datang nggak diundang, pulang nggak diantar"  tegese ora seneng ngrepotne wong liyo, "angger  isih bisa usaha dhewe tetep berusaha"
("Datang tidak diundang, pulang tidak diantar", maksudnya tida suka bikin repot orang lain, " kalau masih bisa berusaha senriri tetap berusaha"


No comments:

Post a Comment

Kopi NYONG DEKE diluncurkan

Membicarakan dunia kopi nampaknya takkan pernah habis. Kopi makin menjadi minuman idola masyarakat. Kini minum kopi sudah menjadi buadaya an...

ARSIP BLOGE NYONG